Cari di Blog Ini

Kamis, 28 Februari 2013

Gandeng Tata Group, AirAsia Siap Berekspansi Di India

Maskapai penerbangan berbiaya murah asal Malaysia, AirAsia, telah bersiap untuk mendirikan unit bisnis penerbangannya di India. Untuk persiapan rencana ekspansi industry penerbangan di India ini, AirAsia bekerja sama dengan Tata Group untuk mendirikan perusahaan penerbangan di negara India. Langkah AirAsia ini sejalan dengan kebijakan pemerintah India untuk membuka peluang investasi di bidang industri penerbangan di India oleh perusahaan asing.
AirAsia. ZonaAero
AirAsia
AirAsia Percaya Diri Jajah Industri Penerbangan India

AirAsia Berhard percaya diri memasuki persaingan penerbangan low cost carrier di India. Maskapai penerbangan milik taipan Tony Fernandes ini memang berencana ekspansi ke India. Di sisi lain, industri penerbangan sekarang ini memang sedang dicoba dengan persaingan harga dan tingginya biaya operasional. "Kami telah mengambil banyak waktu untuk mempelajari pasar (India) ini, dan kita merasa bahwa kita adalah maskapai yang menjual tiket dengan harga yang sangat murah. Dan banyak maskapai penerbangan lain baru memulai hal ini (bersaing di low cost carrier), dan itu memberi kami kepercayaan diri," ucap CEO AirAsia Tony Fernandes kepada CNBC, Rabu (27/2/2013).

"Ketika kami memulai di Malaysia, maskapai penerbangan Malaysia mulai menghilang di persaingan domestik. Bukan berarti apa yang terjadi di masa lalu tidak dapat berbalik," tambahnya.

Industri penerbangan di India saat ini tengah dilanda oleh kerugian dan meningkatnya utang. Hal ini membuat pemerintah India untuk membuka sektor ini bagi investasi dari maskapai penerbangan asing pada September lalu.

AirAsia pekan lalu mengumumkan rencana untuk mendirikan perusahaan penerbangan berbasis low cost carrier di India dengan bekerjasama dengan Tata Group.

economy.okezone.com