Cari di Blog Ini

Kamis, 07 Februari 2013

Bandara Kalimarau Berau Butuh Penambahan Jumlah Maskapai Penerbangan

Pasca Batavia Air stop operasi, kini hanya ada 2 maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur, yaitu Sriwijaya Air dan Kalstar Aviation. Sebelumnya ada juga maskapai Trigana Air, namun pesawatnya kini dalam perawatan. Mengatasi minimnya jumlah maskapai yang beroperasi di Bandara Kalimarau tersebut, Pemerintah Kabupaten Berau meminta maskapai Wings Air untuk segera ikut melayani penerbangan dari dan menuju Bandara Kalimarau.
Bandara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur. ZonaAero
Bandara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur
Pemkab Berau Minta Wings Air Segera Beroperasi

Pemerintah Kabupaten Berau Kalimantan Timur meminta agar maskapai penerbangan Wings Air cepat masuk ke kabupaten itu, menyusul berhentinya operasional Batavia Air di Bandara Kalimarau Berau. "Saya dan Wabup sudah meminta agar segera memasukkan maskapai penerbangan yang berminat di Kabupaten Berau. Kami beri rekomendasi, termasuk Wings Air," kata Bupati Berau, Makmur HAPK, Minggu (3/2/2013).

Sejak berhenti beroperasinya Batavia Air ke Bandara Kalimarau Berau, layanan penumpang dari dan ke Berau menjadi berkurang, dan kekurangan itu kian bertambah setelah maskapai Trigana Air rencananya akan melakukan perawatan pesawat. Pemkab selalu terbuka untuk maskapai yang berniat beroperasi di Berau dan berharap pihak bandara dan perhubungan menanggapi serius setiap permohonan maskapai yang berminat. "Saya yakin, kalau Wings Air beroperasi tidak ada masalah seperti sekarang," katanya lagi.

Seperti sempat diberitakan sebelumnya, Wings Air terpaksa menunda operasionalnya lantaran slot time yang diajukan Lion Air (Induk Perusahaan Wings) tidak sesuai dengan range jam operasional bandara. Manjemen Lion Air mengajukan slot time pukul 06.15 dan 21.00, sedangkan operasional Bandara Kalimarau mulai 07.00 hingga 19.00. Wings Air berencana melayani penerbangan rute Balikpapan-Berau mulai 28 Januari lalu, namun tertunda karena harus merevisi ulang jadwal penerbangannya.

Bupati meminta ketersediaan tenaga di bandara tidak dikait-kaitkan dengan penundaan Wings Air tersebut mengingat Pemkab telah menempatkan sekitar 40 PNS untuk membantu operasional Bandara Kalimarau. Dengan berhentinya layanan maskapai penerbangan Batavia Air, maka layanan transportasi udara bagi masyarakat juga semakin berkurang. Seperti sempat diberitakan sebelumnya, Kabandara Sri Murani Ariningsih menjelaskan faktor tertundanya Wings masuk Berau. "Mereka sedang melakukan revisi, saya tidak tahu revisinya bagaimana, yang jelas jangan di luar jam operasional bandara," ujarnya.

Slot time atau jadwal penerbangan sebenarnya merupakan kewenangan penuh Otoritas Bandara, terlebih lagi, Pemkab Berau sendiri sebenarnya sudah memahami kewenangannya hanya sebatas pengelolaan sisi darat. "Kita tinggal tunggu hasil revisi pengajuan slot time mereka, mudahan bisa cepat jadi cepat juga masuk sini," tandas Sri.

Dengan akan dilakukannnya perawatan pesawat Trigana otomatis tinggal 2 maskapai yang akan beroperasi yakni Sriwijaya Air dan Kalstar Aviation. Dampak lain menyangkut harga tiket yang sempat kompetitif kini kembali seperti semula. Tiket normal Sriwijaya Air tujuan Berau-Balikpapan atau sebaliknya berkisar di harga Rp810 ribu dan harga terendah sekitar Rp 670 ribu. Sementara sebelumnya di kelas terendah harga tiket bisa turun sampai Rp 450 ribu hingga Rp 540 ribu. Demikian pula kursi pesawat yang masih beroperasi pasca terlemparnya Batavia tidak menyisakan kursi kosong dalam sekali penerbangan khusus keluar Berau.

regional.kompas.com