Cari di Blog Ini

Selasa, 12 Februari 2013

Bandara Trunojoyo Sumenep Layani Penerbangan Perintis Mulai April 2013

Bandara Trunojoyo di Sumenep, Jawa Timur, akan melayani penerbangan perintis komersial yang akan mulai dibuka pada April 2013. Sebagai awal pelayanan, Bandara Trunojoyo Sumenep ini akan melayani rute penerbangan yang menghubungkan Bawean-Sumenep-Banyuangi dan Surabaya-Sumenep-Banyuwangi. Sebagai bandara penerbangan perintis, Bandara Trunojoyo akan melayani jalur penerbangan perintis di kawasan Jawa Timur.
Bandara Trunojoyo, Sumenep. ZonaAero
Bandara Trunojoyo, Sumenep
Bandara Trunojoyo Sumenep Diterbangi Pesawat Perintis April

Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep akan dioperasikan untuk melayani rute penerbangan perintis di Jawa Timur. Penerbangan yang dilayani pada tahap pertama adalah rute Bawean-Sumenep-Banyuangi dan Surabaya-Sumenep-Banyuwangi.

Jalur itu akan dibuka mulai April mendatang, sehingga saat ini Pemerintah Kabupaten Sumenep sedang menyusun data yang berkaitan dengan jalur penerbangan baru tersebut.

Kepala Satuan Kerja Bandara Trunojoyo Dwi Ariyanto, Senin (11/2), mengatakan rencana pembukaan rute perintis itu sudah mendapat izin dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebab rute itu juga dinilai bisa mengatasi masalah transportasi yang dialami sejumlah daerah kepulauan di provinsi tersebut. Salah satunya Pulau Bawean di Kabupaten Gresik. "Sudah ada kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui dinas perhubungan setempat. Saat ini kami masih menjalin komunikasi dan pembahasan dengan Pemerintah Kabupaten Gresik," kata Dwi Ariyanto.

Ia mengatakan, dengan adanya penerbangan, kendala pendistribusian bahan pokok yang sering terhambat oleh cuaca buruk bisa teratasi. Sebab, jika distribusi bahan pokok tidak bisa dlakukan melalui jalur laut akibat tingginya gelombang, bisa dilakukan melalui jalur udara.

www.metrotvnews.com